Selasa, 18 Maret 2014

Hati-Hati, Inilah Penyebab Bau Badan!












Bau badan menjadi salah satu masalah yang bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Terkadang tak cukup hanya rutin mandi dan memakai deodorant atau parfum untuk benar-benar menghilangkan bau badan yang mengganggu. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mempunyai bau badan yang membandel dan sulit diusir.

Saat seseorang mengalami stres, produksi kelenjar apokrin dalam tubuh meningkat, menyebabkan keringat kurang berair sehingga bakteri dari lemak dan protein tubuh berkembang lebih aktif dan bau badan menjadi lebih kuat. Kelembaban dari pakaian dalam atau kaus kaki yang jarang diganti menjadi tempat berkembang biak bakteri micrococcus sedentarius yaitu bakteri yang menimbulkan bau menyengat. Seseorang yang terkena ketidakseimbangan genetika di mana tubuh tidak bisa mengolah zat choline yang berasal dan makanan dan minuman, juga bisa menyebabkan tubuh berbau amis, kelainan hormonal ini disebut Trimethylaminuria. Beberapa penyakit juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami bau badan. Diabetes menyebabkan tubuh mengalami kekurangan insulin sehingga tubuh kesulitan dalam memecah lemak yang bisa menjadi salah satu penyebab bau badan. Selain masalah kebersihan, gangguan hormonal, beberapa jenis penyakit, masih ada satu faktor lagi, yaitu makanan dan minuman yang sering dikonsumsi. Ternyata ada beberapa bahan makanan dan minuman juga yang menyebabkan bau badan. Jadi apa saja penyebabnya?

Rokok
Keliru jika menganggap nikotin hanya berpengaruh pada organ dalam perokok. Nikotin juga bisa terserap melalui kulit dan memengaruhi produksi kelenjar keringat, inilah yang menyebabkan bau badan pada perokok aktif. Berbeda dengan bahan makanan pada umumnya, bau yang ditinggalkan akibat rokok jauh lebih pekat dan bisa bertahan berminggu-minggu pada kulit, juga menempel di pakaian.

Alkohol
Bau alkohol tidak hanya terasa dari napas seseorang yang baru meminumnya, mirip dengan rokok bau yang ditinggalkan alkohol tidak mudah hilang begitu saja. Alkohol yang diminum akan dibuang melalui keringat, napas dan urin. Bau khas alkohol pun akan terasa pada keringat, nafas dan urin pengonsumsinya. Tidak hanya itu, alkohol juga mempunyai efek membuat pengonsumsinya mengeluarkan keringat hingga tiga kali lipat lebih banyak dari biasanya.

Bawang
Bawang-bawangan biasanya sering dihindari beberapa orang karena dipercaya menjadi salah satu penyebab bau badan. Pendapat ini tak seutuhnya salah. Bawang mengandung senyawa allicin dan gas sulfur yang bisa menimbulkan bau khas yang kuat serta menyebabkan suhu tubuh mudah meningkat, sehingga produksi keringat lebih banyak daripada seharusnya. Namun bukan berarti Clovers tidak boleh mengonsumsi bawang, konsumsi bawang yang sudah diolah dalam aneka masakan dan dikonsumsi dengan tidak berlebihan tentunya tidak akan berdampak besar pada bau badan.

Brokoli
Brokoli mengandung senyawa sulfur yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan perut kembung dan produksi keringat meningkat. Namun bukan berarti Clovers harus menghindari mengonsumsi brokoli, karena selain senyawa sulfur brokoli juga mempunyai manfaat sangat banyak. Cara mengatasinya dengan merebus brokoli jangan terlalu matang untuk membuang zat sulfurnya yang menjadi penyebab bau. Memasaknya bersama ketumbar, kunyit bisa menetralkan zat sulfur pada brokoli. Mirip dengan brokoli, kembang kol, bok choy, dan lobak juga mempunyai senyawa sulfur.

Junk Food
Junk food termasuk makanan yang bernilai gizi rendah, contohnya: makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan lain yang mengandung banyak garam, gula, tepung, lemak trans dan minyak. Junk Food bisa menyebabkan penumpukan lemak dan mengganggu proses metabolisme tubuh, sehingga napas dan keringat yang keluar pun menjadi bau.

Hal pertama yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan tubuh dan pakaian, karena penyebab utama bau badan adalah bakteri yang berkembang biak dalam keringat berlebih. Kendalikan produksi keringat berlebih dengan memakai deodorant dan berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Banyak minum air putih salah satu tips kurangi bau badan, sistem pencernaan akan lebih sehat, racun dan kotoran dalam tubuh akan lebih banyak keluar lewat urin dan mencegah produksi keringat berlebih.

Jika bau badan tak bisa diatasi dengan cara biasa, seperti mengalami beberapa jenis penyakit atau gangguan hormonal tertentu Clovers perlu mengonsultasikannya pada dokter ahli untuk mendapat penanganan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger